Tips memilih Jurusan dan Universitas


Yups selamat datang, Selamat membaca, moga anda-anda semua deberi kemudahan.. dalam menggapai cita-cita.
Memang hal ini akan menjadi dilema saat dihadapkan pada pilihan, kuliah di universitas mana? Jurusan apa? Apa yang harus dilakukan, bukan hanya itu, apa yang tidak perlu dilakukan? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang semacam itu. Ok, marilah kita bahas bersama.
Memang jika kita berbicara pemilihan jurusan yang diminati selalu berkaitan dengan universitas itu sendiri. Katakanlah universitas A dia bagus, tapi tidak memiliki jurusan yang kita inginkan. Universitas B memiliki jurusan yang kita inginkan hanya saja, Universitas itu tidak kita minati.Yup, kita bahas:

  1. Niatin buat ibadah. Minta bantual Allah, Allah tahu yang terbaik.
  2. Lokasi Universitas, sesuai pengalaman saya memang ini cukup sangat berpengaruh untuk kelancaran kuliah contoh: Kampus yang berada di ibukota negara atau ibu kota profinsi, dan kota-kota besar lainnya. kenapa? Karena kota-kota besar biasanya memiliki fasilitas pendukung yang lengkap, kegiatan tingkat nasional dan internasional biasanya diadakan disana, part time job juga banyak.
  3. Apakah universitas itu menyediakan beasiswa untuk tiap semesternya? Jika ada itu lebih baik.
  4. Apa keistimewaan Universitas itu? Sesuaikah dengan tujuan kamu?
  5. Berapa biaya kuliah dan pendaftarannya? biaya kuliah ini biasanya yang menjadi penyebab mahasiswa mengundurkan diri, terlebih jika tidak menyediakan beasiswa. Berapa biaya pendaftarannya? Ah, memang tidak bermasalah untuk yang berkantung tebal.
  6. Apa saja prestasi yang pernah diraih mahasiswanya? Jika tidak ada, berarti Universitas itu belum terlalu perhatian terhadap perkembangan mahasiswa.
  7. Peringkat berapakah universitas itu?
  8. Pasilitas apa saja yang dimiliki Universitas itu sehingga kamu nyaman dan mudah dalam melakukan aktifitas perkuliahan.
  9. Lihat situsnya, biasanya kita bisa melihat ada akitifitas apa saja di Universitas itu? Biasanya dalam bentuk berita, Namun ada juga yang situsnya belum terupdate. (Wah, kalo situs aja gak terurus, gimana kampusnya?)
  10. Jangan pernah berniat masuk kampus terkenal karena ketenarannya, tapi karena kamu ingij berpacu prestasi dengan kampus itu.
  11. Apakah biaya hidup dikota itu murah? Jika asumsinya kota besar itu mahal, pasti ada kota besar tapi murah-murah. (kalo saya sih jogja)
  12. Pilih negeri atau swasta? Memang pilihan utama pastinya negeri, tapi sekarang ini kualitas swasta sudah menyalip kampus negeri. Jika berbicara mahal atau murahnya, Univ. Negeri sudah ada UU BHP kemungkinan naiknya biaya kuliah PTN pun sangat memungkinkan.
  13. Bagaimana jaringan alumni disana? apakah jaringan alumninya kuat? Soalnya biasanya info lowongan kerja sering berasal dari alumni, Jarang banget kampus yang mempunyai jaringan alumni.
Memilih Jurusan, Yah, ini tidak kalah dilema juga dengan memilih Kampus. Jangan tergesa-gesa dalam memilih, salah-salah kamu gak bakalan nyambung, kuliah gak semanget, dan sebagainya, atau paling parah, saat kamu gagak kuliah kamu malah nyalahin diri gara-gara salah pilih jurusan. Langsung aja ya:
  1. Seperti biasa, Basmallah dulu, minta bantual kepada Allah agar diberi pilihan, soalnya konsep jodoh, bukan cuma dalam pernikahan, dalam kuliah juga ada.
  2. Apa bakatmu? Apa cita-citamu, Yaang sebenernya. Agak susah kalo bakat dan minat bertentangan, tapi itu juga bukan masalah yang sangat besar kalo kamu mampu menyeimbangkan keduanya nanti.
  3. Apa minatmu? Dan bagaimana pandangan kamu tentang minatmu itu?
  4. Setelah melihat Apa cita-citamu, bakatmu dan minatmu. Cari informasi jurusan yang terkait, jangan sampai meleset, karena ada nama jurusan yang sama namun itu bukanlah jurusan yang kamu maksud.
  5. Berapa daya tampung jurusannya? Karena jika kamu kebetulan mendaftar ke universitas ternama sudah barang tentu persaingan sangat ketat.
  6. Apa akreditasi jurusannya? Kalo bagus contohnya A, berarti memang sudah rapi administrasinya dan jelas kurikulumnya.
  7. Seberapa jauhkan dari tempat asalmu? Ini memang akan menylitkan untuk Mahasiswa baru, karena masih banyak hal yang kita perlukan yang masih berkaitan dengan ortu kita.
  8. Bagaimana prospek kerja jurusan yang kamu pilih itu? Apa output dari jurusan itu, mahasiswa yang ahli dalam hal apa nantinya? cocokan dengan cita-citamu.
Beberapa tambahan dari temen-temen saya:
  1. Milih perguruan tinggi harus liat kualitas, kuantitas, networknya, tempatnya, dosen2nya.
  2. sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog untuk melakukan pemeriksaan psikologi atau yang lebih populer dikenal dengan nama psikotes
  3. Jadikan perguruan tinggi itu sebagai tempat mengukir prestasi.
  4. Jangan memilih jurusan hanya karena pacar/ temen masuk ke jurusan itu
  5. Cari PT yang punya kerjasama yang baik dan jelas dengan suatu perusahaan untuk jaringan kerja.
  6. Sebisa mungkin pilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuan, jangan cuma ngikutin arus, ato ngikutin kehendak ortu
  7. yang paling pokok selain faktor-faktor penunjang adalah keseriusan mahasiswa/pelajarnya itu…
  8. Alhamdulillah Saya pernah merasakannya Beasiswa di ITB kuliah gratis dan dapat tunjangan hidup + buku. sukes….4 ALL ..!! (Ini bukan saya, tapi temen saya)
Ya, itulah beberapa tips singkat dan insya Allah lengkap, APAKAH LENGKAP? Memang tida ada yang sempurna, tapi akan lengkap kalo semuanya ikut berkontribusi melengkapi.