Mutiara Islami

Tribun Ilmu




( 1.) Orang yang bisa mengalahkan syahwat dan amarahnya maka setan akan takut walau hanya bayangannya. Namun barang siapa dikalahkan oleh syahwat dan amarahnya,dia akan takut dengan khayalannya.
 ( 2 ). Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu,maka allah akan memudahkan jalannya menuju surga.dan sungguh para malaikat meletakkan sayap – sayap mereka sebagai rasa ridho mereka atas apa yang mereka lakukan.dan sesungguhnya para penghuni langit dan bumi sampai ikan paus di lautan memohon ampun bagi orang yang berilmu. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dibanding dengan seorang ahli ibadah laksana cahaya bulan di bandingkan cahaya bintang – bintang.dan sesungguhnya para ulama adalah pewaris nabi dan nabi tidak pernah mewariskan dirham dan tidak pula dinar,sesungguhnya mereka hanya mewariskan ilmu, dan barang siapa yang mengambilnya maka ia telah mendapat bagian yang besar.(Hr. Abu Dawud & At – Tirmidzi ) 

( 3. )Wanita diciptakan dari tulang rusuk,bila dibiarkan maka di akan terus bengkok,namun bila dipaksa maka dia akan patah.maka mengertilah mereka
( 4 ).Ibarat sebuah permata yang sangat berharga ,   ditempatkan ditempat yang bagus,yang tak gampang terjamah . itulah wanita dalam Islam.
 ( 5 ).Iman adalah ucapan dengan lisan , keyakinan dengn hati , dan amalan dengan anggota badan.iman juga adalah ucapan dan amalan bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. 
( 6 ) .Syukur adalah sebuah istilah yang digunakan pada pengakuan | pengetahuan akan sebuah nikmat.
 ( 7 ) .Sesungguhnya orang – orang mukmin itu adalah orang yang apabila di sebut nama Allah gemetarlah hati mereka,dan bila dibacakan kepada mereka ayat – ayat  Nya bertambahlah iman mereka,dan mereka hanya bertawakal kepadaRabbnya.( QS. Al – Anfal  ayat 2 – 4 ) 
( 8 ) .Sebuah pohon akan kokoh jika akarnya menghujam ke tanah.Demikian juga keimanan akan kokoh jika pondasinya kuat tertanam di dalam relung hati manusia. 
( 9 ). Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan , dan sebaik – sebaik perhiasan dunia adalah wanita atau istri yang sholihah.                                                                                                                     ( HR.Muslim )
 ( 10 ).Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin kelak di hari kiamat daripada budi pekerti yamg baik . Dan sungguh allah membenci orang yang suka berkata keji , berucap kotor / jelek.(Hr. At – Tirmidzi ) 
( 10 ). Mukmin yamg paling sempurna imannya adalah yamg paling baik  akhlaknya dan sebaik – baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri – istrinya.
(Hr.At –Tirmidzi ) 
 ( 11. ) Cinta dunia adalah pangkal segala kesalahan dan pada harta terdapat penyakit yang sangat banyak.
( 12 ).Kelebihan dunia adalah kekejian di sisi Allah .SWT pada hari kiamat.
( 13 ) Keimanan dapat dianalogikan dangan lampu. Seringkali menyala dengan baik namun terkadang juga meredup.ia tiba – tiba bisa demikian terang namun esoknya bisa putus atau mati.
( 14 )  Iman itu memiliki 60 cabang . cabangnya yang paling utama adalah ucapan ‘ laa ilaaha illallah ‘ dan cabangnya yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan , dan sifat malu itu juga adalah bagian dari iman.(Hr. Muslim, { dari sahabat Abu Hurairah } ).
( 15 ). Sesungguhnya kelembutan bila melekat pada sesuatu tidak akan membuatnya menjadi indah. Dan bila terlepas dari sesuatu,akan membuatnya menjadi buruk.(Hr. Muslim )
( 16 ). Tiga hal yang apabila ada pada diri seseorang muslim,maka ia akan merasakan manisnya iman ,yang pertama adalah ia mencintai Allah dan Rasulullah melebihi cintanya pada siapapun. Yang kedua adalah dia mencintai seseorang hanya karena Allah , yang ketiga dia benci untuk kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya  dari kekafiran itu.
 (17). “Kearah manapun kamu menghadap,maka di sana ada wajah Allah “.(QS. Al – Baqarah : 115 ) 
( 18 ). Kalau seandainya orang yang lewat di depan orang yang sedang shalat mengetahui apa yang akan menimpanya (begitu besar dosanya), niscaya ia akan memilih berdiri selama 40 tahun karena itu lebih baik baginya dari pada lewat di depan orang yang sedang shalat .
 (19).Allah Ta’aala akan senantiasa menghadap kepada hambanya ketika shalat,selama ia tidak menoleh. Bila hamba tersebut memalingkan wajahnya maka Allah pun akan berpaling darinnya. ( HR. Abu Dawud ) 
( 20 ). “ Shalatlah seperti shalat orang yang hendak meninggal, yakni seakan – akan engkau melihat Allah, jika engkau tidak mampu melihat- Nya maka sesungguhnya Allah melihatmu. “
 ( 21 ). Hiasilah Al – Qur ‘ an dengan suara – suara kalian. (Karena suara yang indah lagi merdu akan menambah keindahan Al – Qur ‘ an). 
(22). Kerusakan akhlakmu kepada Allah,karena kerusakan akidahmu.
(23). Tidaklah kita hidup melainkan dalam suatu tutupan. Andaikata tutupan itu disingkap,maka niscaya akan memperlihatkan suatu perkara yang besar,yakni kejujuran niat.
(24).   “ … seandainya salah seorang wanita penduduk Surga menengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinari antara keduanya (penduduk Surga dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita Surga yang ada di kepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya.”
 (HR. Bukhari dari Anas bin Malik radliyallahu 'anhu)