Pesona Wisata Alam Di Bumi Sriwijaya

Assalamualaikum wr. wb
Alhamdulillah, Pada Kesempatan yang berbahagia ini saya akan membicarakan tentang "Pesona Wisata Alam Di Bumi Sriwijaya".
Sriwijaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sumatera Selatan adalah Provinsi terbesar di Sumatera. Provinsi ini mempunyai luas wilayah 113.339 km2. Tidak heran bila Sumsel menyimpan begitu besar kekayaan khususnya dibidang pariwisatanya.
Di Bumi Sriwijaya ini orang banyak yang berfikir bahwa hanya di Kota Palembang sajalah yang mempunyai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Itu semua tidak terlepas karena Palembang adalah jantung ibukota dari sumatera selatan itu sendiri. Padahal di sumsel ada 15 kabupaten/kota yang juga mempunyai tempat-tempat wisata yang tidak kalah dengan di kota palembang itu sendiri bahkan di provinsi-provinsi lain di Indonesia. 

1. Kabupaten Banyuasin
Kabupaten yang mempunyai pusat di Pangkalan Balai ini mempunyai tempat pariwisata yang terkenal yaitu Taman Nasional Sembilang.Taman Nasional Sembilang merupakan hutan rawa gambut, hutan rawa air tawar, dan hutan riparian (tepi sungai). Di taman ini anda dapat menjumpai ribuan bahkan puluhan ribu burung migran yang asal Siberia. Selain banyak dikunjungi jenis burung bluwok ada juga jenis burung lainnya yang ada seperti blekok asia, trinil tutul, undan putih, bluwok putih, bangau tongtong, dara laut sayap putih dan lain-lain.

2. Kabupaten Empat Lawang
Kabupaten yang mempunyai jumlah penduduk sekitar 229.552 Jiwa ini selain menjadi kabupaten penghasil kopi terbesar di sumsel ternyata juga mempunyai tempat pariwisata air terjun yang terkenal yaitu air terjun Tujuh Panggung. Air terjun ini terletak di atas deretan Bukit Barisan yang terletak 1.200 meter di atas permukaan laut. Di air terjun ini terdapat tujuh panggung yang masing- masing panggung mempunyai keindahan dan keeksotisan tersendiri.

3. Kabupaten Lahat
Kalau di Kabupaten ini siapa sih yang tidak kenal dengan bukit yang terkenal dengan bukit jempolnya. ya dikabupaten ini terdapat sebuah bukit yang sedikit aneh yang bernama bukit serelo. Dibeberapa tempat dibawah bukit terdapat beberapa tempat untuk berkemah atau rekreasi. Selain bukit serelo yang unik ini ada banyak tempat wisata alam yang dapat anda kunjungi di kabupaten yang mempunyai sembilan belas kecamatan ini. seperti, Arum Jeram Sungai Manna, Air Panas Tanjung Sakti, Air Terjun Lawang Agung, Gunung Dempo, Kebun binatang Rimbang Kemambang dan juga Air terjun Bidadari. Semua tempat yang indah dan menarik ini dapat anda temukan dan nikmati hanya di kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

4. Kabupaten Muara Enim
Di Muara Enim setidaknya ada tiga tempat wisata alam dan budaya yang dapat anda kunjungi dan nikmati keindahanya. ketiganya adalah Air terjun Curup Tenang, Arum Jeram dan Situs Candi Bumi Ayu. Untuk situs Candi umi Ayu sendiri merupakan satu-satunya Kompleks Percandian di Sumatera Selatan yang masih ada hingga kini. Namun Objek wisata yang paling terkenal  di kabupaten Muara Enim ini adalah air terjun Curup Tenang. Air terjun yang mempunyai tinggi 99 m dan merupakan air terjun tertinggi di sumatera selatan ini terletak dekat desa Bedegung , Kecamatan Tanjung Agung sekitar 56 km di selatan muara enim. Sedangkan untuk aliran air terjun yang sangat deras ini dimanfaatkan untuk olahraga ekstrim seperti arum jeram.

5. Kabupaten Musi Banyuasin
Kabupaten yang menganut moto "Bumi Serasan Sekate" ini mempunyai potensi wisata yang kebanyakan adalah berbentuk danau. Setidaknya ada dua danau yang menjadi kebanggaan warga Muba. yaitu, Danau Konger dan danau Ulak Lia. Untuk pemberian nama danau konger sendiri bisa dikatakan unik. karena Sebutan Danau Konger diambil dari nama salah warga Negara Amerika Serikat yang bernama Mr. Congger, seorang pengusaha pengeboran minyak yang berjasa melakukan pengedaman jalan sekitar danau konger itu sendiri.

6. Kabupaten Musi Rawas

Musi Rawas ternyata mempunyai banyak sekali tempat wisata. Air terjun, Bendungan, Bukit, Curug, Danau, Gua hingga Hutan Lindung. Semua dapat anda temui dan nikmat hanya di kabupaten yang beribukota Muara Beliti Baru ini. Dari sekian banyak Air terjun hingga Hutan yang ada di Musi Rawas ini ada sebuah danau yang menjadi favorit warga untuk menghabiskan akhir pekan dan melepas penat setelah bekerja. Danau ini bernama danau Raya, terletak dekat desa Karang Anyar di kecamatan Muara Rupit, sekitar 80 km dari Lubuk Linggau.

7. Kabupaten Ogan Ilir
Kabupaten yang mempunyai batas Utara dengan Kota Palembang, Selatan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Barat Kabupaten Muara Enim dan sebelah Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir ini mempunyai tiga objek wisata. yaitu, Tanjung Putus, Lebung Karangan dan Teluk Putih.


8. Kabupaten Ogan Komering Ilir
Kabupaten OKI ini sangat terkenal dengan Teluk Gelam nya. Teluk Gelam adalah sebuah danau alami seluas sekitar 250 hektar yang airnya tidak pernah mengering, meski pada musim kemarau.
Selain Teluk Gelam yang terkenal, di OKI ini ada juga memiliki beberapa danau yang juga menarik untuk dikunjungi. Diantaranya adalah Danau Rassau, Danau Ayek Itam dan Danau Teloko.

9. Kabupaten Ogan Komering Ulu
Kabupaten ini mempunyai ibukota Baturaja dan mempunyai penduduk sekitar 1.159.713 Jiwa.
Di Kabupaten yang mendapat urutan 6 daerah tujuan wisata oleh Kementerian Budaya dan Pariwisata RI ini menyimpan dua goa yang di Perioritaskan Kab. OKU ini untuk menjadi wisata. Yaitu Goa Putridan Goa Harimau. 
Goa Putri yang mana untuk saat ini Goa Putri merupakan tujuan wiasata yang berstandar nasional. Di OKU ini ada juga sumber air panas Gemuhak.
 

10. Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan
Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung ini mempunyai sebuah danau yang terbesar sekaligus terindah di Sumatera Selatan. Ya Danau Ranau namanya. Danau yang  terletak di kecamatan Banding Agung Kabupaten UKO Selatan ini menjadi objek wisata yang terkenal bukan hanya dari wilayah sumatera selatan tapi juga sudah sangat terkenal di seluruh pulau sumatera dan juga di Indonesia.

11. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Oku timur, Kabupaten yang masih sangat muda ini ternyata mempunyai tempat wisata yang tidak kalah dengan daerah lainya di sumatera selatan. Salah satu potensi wisata buatan sekaligus alam yang ada di Kabupaten OKU Timur adalah bendung perjaya yang berada di Kecamatan Martapura. Bendung yang dibangun tahun 1991 dan membendung sungai komering ini, selain berfungsi sebagai sarana irigasi juga potensial untuk dijadikan obyek wisata alam sebagai sumber pendapatan daerah dan hiburan rakyat.

12. Kota Lubuklinggau
Lubuk Linggau yang baru 10 tahun ditingkatkan statusnya menjadi kota, Lengkapnya dengan Undang-Undang ( UU ) Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2001, tanggal 21 Juni 2001 ini mempunyai air terjun yang sangat indah bernama air terjun temam. Air Terjun Temam ini merupakan merupakan kawasan objek wisata alam berupa air terjun dengan ketinggian 12 m dan lebar 25 m. Disini anda akan dimanjakan dengan segarnya air dan bebatuan yang sangat indah serta lingkungannya masih terjaga.


13. Kota Pagar Alam
Kota Pagar Alam mempunyai beberapa objek pariwisata yang menjadi unggulan. Salah satunya yang paling terkenal adalah air terjun Lematang Indah. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 m. Air Terjun Lematang Indah terletak di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam. Letak air terjun ini sangat mudah ditempuh karena tepat berada di pinggiran kota Pagar Alam. Beberapa objek wisata lainya yang dapat anda kunjungi bila berada di Pagar Alam adalah Batu Gong, Perkebunan teh Lereng Dempo, Air Terjun Curup Embun dan Arca Manusia Purba 



14. Kota Prabumulih
Kota Prabumulih yang hanya memiliki luas 435,10 km², merupakan Kabupaten/Kota terkecil jika dibandingkan dengan kota atau pun kabupaten di Sumatera Selatan. Namun begitu Kota Prabumulih juga mempunyai objek wisata bernama Kampung Wisata Prabumulih yang bernuansa alamiah yang tertata dengan rapi dan indah.


15. Kota Palembang
Palembang, ya.. Kota terbesar, terpadat dan terindah di Bumi Sriwijaya ini tidak hanya kaya akan segala pernak-pernik dan potensi wisata buatanya. Anda sudah sering bahkan hafal dengan yang namanya Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Monumen Pejuang Rakyat (MonPeRa) hingga yang mendunia yaitu Jakabaring Sport City (JSC). 
Tetapi diantara banyaknya tempat hiburan buatan di Palembang, ternyata banyak juga tempat wisata alaminya yang sangat mengagumkan dan luar biasa. Diantaranya adalah Sungai Musi, Hutan Wisata Punti Kayu, dan Bukit Siguntang.

Subhanallah, Ternyata Sumatera Selatan yang begitu besar dan luas dengan 15 kabupaten/kota mempunyai banyak tempat-tempat wisata alam yang indah, unik dan mempesona sesuai dengan ciri khas nya masing-masing. Inilah yang buat saya pribadi bangga dengan menjadi warga di sumsel ini. Tapi itu juga kita sebagai manusia khususnya sebagai warga sumatera selatan sendiri wajib menjaga dan memanfaatkan semua yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa dengan secara arif dan bijaksana. 

Akhirussalam, Wassalamualaikum wr. wb

Sumber foto dan data, kami berterima kasih kepada,
website lainya.