Bangga dengan Keberhasilan Sumatera Selatan

Assalamualaikum wr. wb....
Apo Kabar wong kito galo?.. Mendengar kata sapaan tersebut kita langsung tertuju dengan kata "Sumatera Selatan atau  Kota Palembang" mungkin yang ada dipikiran dan angan-angan anda hanya, Jembatan Ampera, Sungai Musi, Empek-empek, dan Juga Sriwijaya Fc dengan Gelora Jakabaringnya. Palembang yang mempunyai titik Koordinat 5º 10' - 1º 20' LS - 101º 40' - 106º 30' BT, Sebenarnya bukan hanya itu saja yang membuat Provinsi bagian selatan pulau sumatera ini menjadi terkenal dan unik. 
Banyak Fakta yang menjadikan provinsi dengan jumlah penduduk sekitar  7.446.401 adalah daerah yang "Istimewa" dan "Mempesona" dibanding dengan provinsi lain di Indonesia. Berikut ini Beberapa bidang yang membuat bumi Sriwijaya patut dibanggakan bukan hanya dari masyarakat daerahnya sendiri tapi juga masyarakat Indonesia pada umumnya.

Di Bidang Pemerintahan
Pemerintah Sumsel  telah terbukti handal dan cakap dalam upaya memajukan daerah dan rakyatnya. Salah satu program pemerintah adalah Menggratiskan biaya sekolah dan berobat gratis untuk rakyat yang kurang mampu. Selain itu hasil nyata yang dicapai pemerintah daerah adalah diberikanya 3 penghargaan tingkat nasional yaitu pemuktahiran data kependudukan tahun 2010, penerbitan NIK di 15 kabupaten/kota pada tahun 2010, dan penerapan e-KTP pada 15 kabupaten/kota se-Sumsel tahun 2011. Selain itu kota Palembang menyabet 5 kali Piala Adipura. 
Selain itu beberapa Kabupaten/Kota juga menyabet piala bergengsi tersebut, seperti Kota Lubuklinggau untuk kategori kota sedang, Kategori kota kecil diraih Kota Martapura (Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur), Kota Muaraenim (Kabupaten Muaraenim), Kota Pagaralam dan Kota Sekayu (Kabupaten Musibanyuasin).
Bukan hanya menjadi kota terbersih se_Indonesia, Palembang juga merupakan kota terbersih se Asia Tenggara dengan memperoleh Piala Environmentally Sustainable City Award.

Di Bidang Pendidikan
Di bidang ini Sumatera Selatan Juga layak dikatakan sebagai provinsi yang berhasil dalam meningkatkan angka melek penduduknya. Pada tahun 1971, angka melek huruf penduduk burumur 15 tahun ke atas di Provinsi Sumatera Selatan hanya sebesar 71,28 persen meningkat menjadi 79,38 persen pada tahun 1980 kemudian meningkat lagi menjadi 89,06 persen pada tahun 1990, dan menjadi 94,78 persen pada tahun 2000 serta mencapai 96,34 persen pada tahun 2010. 
Selain keberhasilan tersebut sumatera selatan juga mencanangkan wajib belajar 12 tahun dan secara gratis untuk anak kurang mampu. Sehingga kesempatan untuk anak-anak miskin untuk belajar dan meraih cita-cita dapat diwujudkan.

Di Bidang Pariwisata




Sumatera Selatan yang memiliki luas wilayah 113.339 km2. Mempunyai banyak sekali tempat-tempat wisata yang ada di sumatera selatan khususnya di Palembang, Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Sungai Musi, Pulau Kemaro, Punti Kayu, Bukit Siguntang, semuanya adalah tempat yang wajib dikunjungi bila ke palembang. Dengan sarana dan prasarana yang disediakan oleh pengelola, dijamin liburan anda di tempat tersebut akan merasa berkesan dan lebih mudah. 
Sedangkan untuk anda yang suka berwisata sekaligus berolahraga ada referensi alternatif yang menjadi favorit warga palembang saat ini yaitu Jakabaring Spot Center. 
Untuk wisata kuliner ada beraneka pilihan mulai dari Kapal selam (empek empek), pindang patin, sampai durian khas Palembang yaitu durian montong. Semua makanan-makanan tersebut dapat diperoleh di tempat perbelanjaan dan tempat-tempat lainya dengan mudah dan murah tentunya.


Di Bidang Olahraga


Kalau berbicara Bidang Olahraga Sumsel lah Jagonya khususnya cabang Sepakbola. Siapa yang tidak tahu club sepakbola paling sukses di Indonesia, Laskar "Wong Kito" lah pasti jawabnya. Sriwijaya adalah club sepakbola pertama di Indonesia yang berhasil memboyong 3 kali atau Trible winner Piala Indonesia dan juga Liga Indonesia. 
Bukan hanya Sriwijaya Fc yang menjadi kebanggaan warga sumatera selatan. Tapi juga keberhasilan pemerintah dalam membangun Komplek Jakabaring Center untuk menyelenggarakan Sea Games 2011 lalu yang sekaligus secara langsung menyediakan saran dan prasarana yang memadahi olahraga untuk menjadikan warga sumatera selatan lebih sehat. Atas kerja keras ini jua pemerintah Sumatera Selatan memperoleh penghargaan dari KONI dan Komisi X DPR RI atas keberhasilan menyelenggarakan Sea Games ke 26 di Palembang.

Ragam Budaya

Keragaman budaya di sumatera selatan ini diperkaya dengan banyaknya suku bangsa yang ada. setidaknya ada lebih dari 6 suku bangsa yang saling tenggang rasa dan saling menghormati. keenam suku bangsa tersebut antara lain: Melayu (34,37%), Jawa (27,01%), Komering (5,68%), Sunda (2,45%), Tionghoa (1,1%), Minangkabau (0,94%), Lain-lain (28,45%). 
Dengan banyaknya adat dan budaya di sumatera selatan, itu berarti menunjukkan bahwa Sumatera Selatan adalah provinsi yang demokratis dan terbuka untuk siapapun. Walaupun penduduknya sangat beragam, namun setiap suku bangsa yang ada di sumsel ini bisa saling menjaga, menghormati dan sekaligus melindungi yang menjadikan provinsi ini menjadi kuat dan bersatu.

Sebenarnya masih banyak keberhasilan yang telah dicapai provinsi sumatera selatan dalam proses menjadi provinsi yang lebih maju, sejahtera dan modern. Kita wajib bersyukur dan menjaganya atas segala kekayaan dan keindahan yang dianugerahkan Sang Pencipta diatas bumi tercinta ini. 
Inilah yang membuat saya sangat bangga dan bersyukur menjadi salah satu warga sumatera selatan. 
Saya adalah seorang remaja dari suku jawa yang sekarang tinggal di Belitang, Oku Timur (salah satu kabupaten yang memperoleh piala Adipura).


Sebelum saya akhiri, ada satu pantun untuk segala Pesona dan cinta saya terhadap Sumatera Selatan.


||Maen Bola di Gelora Sriwijaya
||Jangan Lupa Bawa Sepatu
||Tanah Air Mana yang Selalu BerJaya
||Sumatera Selatan lah yang Selalu di Hatiku


Akhirussalam, Wassalamualaikum wr. wb