Tips Untuk Menjaga Ketajaman Otak

Secara alami otak akan kehilangan sel-selnya ketika mencapai usia 30 tahun. Akibatnya mudah lupa, sulit mengingat informasi baru dan daya tangkap akan terganggu. Berikut tips meningkatkan agar otak dapa terus bekerja dengan baik.


1. Mengunyah
Mengunyah dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang mengontrol memori. Anda bisa mengunyah permen karet sambil membaca buku atau melakukan aktivitas harian anda.


2. Mengkonsumsi Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan anti oksidan tingi yang akan memerangi radikal bebas yang dapat menyerang syaraf otak. Berdasarkan penilitian, teh hijau juga telah terbukti bisa menghambat enzip penyebab Alzheimer. Teh hijau juga dapat menajamkan kemampuan otak.


3. Mencium Wangi Bunga
Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa mereka yang sering mencium wangi bunga bisa berpikir 17 persen lebih cepat. Selain itu aroma bunga juga dipercaya bisa menghilangkan stress selain menjadikan pikiran lebih tajam. Tempatkan bunga di meja kerja anda.


4. Memainkan Alat Musik
Bermusik dapat meningkatkan ketajaman berpikir. Berlatih musik rutin selama setahun membantu daya pikir dan membuat daya ingat menjadi lebih baik.


5. Memasukkan Perasaan Ke Dalam Ingatan 
Sesuatu yang diingat dengan perasaan akan sulit untuk dilupakan.


6. Bermain Game Asah Otak
Mengisi teka-teki silang atau bermain sudoku dapat melatih daya ingat anda agar kualitasnya tidak menurun.


7. Mulailah Gaya Hidup Sehat
Memperbanyak makan makanan yang mengandung thiamine, riboflavin dan vitamin B dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat.


8. Melatih Terus Ingatan Anda
Berusaha mengingat kembali hal-hal yang lalu dapat mempertajam ingatan anda.