9 Tips untuk Menjaga Kecerdasan Otak

Assalamualaikum wr. wb
Seiring bertambahnya usia ataupun pada saat kelelahan secara psikis, stress sebagian orang merasa bahwa terjadi kemunduran pada daya ingat dan kemampuan berpikirnya. Tetapi, tidak perlu cemas, karena ada suatu cara untuk menjaga kecerdasan otak.


Apa sajakah yang dapat dilakukan untuk menjaga kecerdasan otak?
Ada 9 cara untuk menjaga kecerdasan otak seperti dikutip dari MSNHealth, Senin (27/2/2012) yaitu :


1. Menari
Menurut Daniel Amen, MD, menari merupakan suatu kegiatan yang dapat merangsang berbagai sistem otak. Karena, dengan menari dibutuhkan koordinasi, organisasi, dan sinkronisasi. Dengan menari banyak menyebabkan stimulasi otak.

2. Kunjungi Gym
Rajinlah berolahraga, lakukanlah olahraga di gym karena dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru pada dentate gyrus, sebuah bagian otak yang penting untuk memori. Penelitian yang mengukur volume darah pada otak orang dewasa menemukan bahwa dengan berolahraga 4 kali seminggu selama 4 bulan dapat memicu produksi neuron.


3. Sarapan dengan telur
Telur merupakan menu sarapan yang ideal, karena telur banyak mengandung vitamin B. Vitamin B memungkinkan sel saraf untuk membakar glukosa, sumber energi otak, antioksidan, yang melindungi neuron terhadap kerusakan. Kandungan telur yang mengandung asam lemak omega 3 yang menjaga sel-sel saraf.


4. Mengerjakan pekerjaan secara bergantian
Jenis pekerjaan yang berbeda-beda atau berpindah-pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain akan melibatkan wilayah otak dan secara mental akan membuat waspada. Lebih baik mengerjakan pekerjaan secara bergantian dengan fokus daripada melakukan segala pekerjaan secara bersamaan karena merasa multitasking.


5. Memenuhi nutrisi untuk sel otak
Seorang peneliti yang bernama Amy Borenstein, Ph.D mengatakan bahwa otak mengandung 80 persen air, dan jika tidak terhidrasi, neuron tidak dapat bekerja dengan baik. Penting sekali untuk minum 8 gelas sehari untuk melindungi sel otak. Tingkat polifenol yang tinggi yaitu antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dapat melindungi sel otak dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh penyakit seperti Alzeimer.


6. Tidur dengan waktu yang cukup
Saat sedang tidur, otak mengumpulkan potongan-potongan yang berbeda dari informasi-informasi tersebut saat sedang tidur. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang memiliki waktu tidur yang kurang dari 7 jam menunjukkan aktivitas otak yang kurang signifikan, dibandingkan orang yang tidurnya selama 7 jam.


7. Membaca
Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang sangat baik untuk otak, karena mampu mengambil, menyimpan dan melibatkan informasi.


8. Belajar bahasa lain
Menurut peneliti Ellen Bialystok, Ph.D yaitu dengan belajar bahasa lain tampaknya dapat meningkatkan kepadatan materi abu-abu di bidang otak yang mengatur perhatian dan memori.


9. Menjaga kesehatan gigi
Kebersihan rongga mulut sangatlah penting karena rongga mulut yang tidak sehat dapat melepaskan bakteri ke dalam aliran darah dan bisa berbahaya karena bakteri dapat melakukan perjalanan ke organ vital. Hasil dari penelitian di Inggris yang melibatkan 6.500 orang dewasa menemukan bahwa orang yang memiliki penyakit gusi mempunyai fungsi mental yang lebih buruk daripada orang yang sehat gusinya.


Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr. wb


Sumber